Wisata Indonesia

Wisata Lombok – Gunung Rinjani

August 3, 2019

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak aneh lagi bagi warga Indo Wisata Lombok – Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak aneh lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang memiliki tinggi lebih dari 3,700 meter di atas permukaan bahari yakni gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.

Gunung Rinjani memiliki pemandangan alam yang paling indah kalau dibandingkan dengan gunung lain di Indonesia, bahkan keindahannya disebut-sebut sebagai yang paling indah tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia. Karena panorama alamnya yang indah inilah Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki yang biasanya merupakan mahasiswa, pecinta alam, penduduk lokal, sampai wisatawan asing.

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak aneh lagi bagi warga Indo Wisata Lombok – Gunung Rinjani

kaldera Gunung Rinjani

Bulan Juli dan bulan Agustus yakni waktu di mana Gunung Rinjani paling banyak dikunjungi wisatawan. Para pendaki gunung ini bertujuan untuk mencapai puncak Gunung Rinjani selain untuk menikmati panoramanya, juga untuk menerima kepuasan tersendiri dikarenakan telah berhasil menaklukan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini.

Setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani semakin banyak, dan sebagian besar pendaki ini merupakan mahasiswa pecinta alam yang berasal dari banyak sekali tempat di Indonesia. Hal yang paling suka mereka lakukan yakni merayakan hari kemerdekaan Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada bulan Agustus. Namun perlu diingat bahwa pada bulan Agustus sering kali banyak angin puting-beliung di puncak gunung ini.

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak aneh lagi bagi warga Indo Wisata Lombok – Gunung Rinjani

panorama Gunung Rinjani

Selain panorama alam yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga memiliki keunikan lain yaitu tanaman dan faunanya yang beraneka ragam. Ketika mendaki Gunung Rinjani, anda akan melihat betapa kayanya Gunung Rinjani. Setiap 1,000 meter pendakian anda akan melihat jenis tanaman yang berbeda, contohnya pada ketinggian 2,000 meter anda akan menemukan banyak cemara gunung, dan pada ketinggian 3,000 meter anda akan melihat banyak bunga edelweiss.

Untuk fauna yang sanggup anda temui di antaranya yakni lebih dari 100 jenis burung yang berbeda, landak, rusa, simpanse perak, simpanse ekor panjang, dan lain-lain. Terkadang hewan yang ada di Gunung Rinjani, terutama simpanse ekor panjangnya suka berbuat nakal. Kenakalan simpanse tersebut yakni masuk ke dalam tenda pendaki dan mengambil masakan yang ada di dalam tenda.

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak aneh lagi bagi warga Indo Wisata Lombok – Gunung Rinjani

monyet Gunung Rinjani

Suhu udara di Gunung Rinjani cukup hambar dengan suhu rata-rata sektiar 20 derajat Celsius dan suhu paling hambar sanggup mencapai 10 derajat Celsius sehingga anda perlu membawa baju tebal dan jaket untuk menghalau suhu yang hambar tersebut.

Dibalik keindahan Gunung Rinjani, juga terdapat resiko yang tidak mengecewakan tinggi dalam pendakiannya. Hingga dikala ini, Gunung yang paling terkenal di Lombok ini telah menelan korban jiwa yang cukup banyak, oleh alasannya yakni itu anda juga harus berhati-hati ketika melaksanakan pendakian. Biasanya hal ini terjadi alasannya yakni cuaca jelek yang tiba-tiba datang, menjadikan para pendaki kehilangan arah, tersesat, dan pada karenanya ditemukan tidak bernyawa.

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak aneh lagi bagi warga Indo Wisata Lombok – Gunung Rinjani

tenda pendaki Gunung Rinjani

Karena resikonya yang tidak mengecewakan tinggi, saya menyarankan anda untuk mendaki Gunung Rinjani ditemani pemandu biar tidak tersesat. Biasanya banyak paket tur Gunung Rinjani, mulai dari paket pemula, paket profesional, sampai paket yang hanya setengah jalan saja. Dengan mengikuti aktivitas tersebut, anda akan kondusif dari ancaman tersesat, selain itu, biasanya paket tur tersebut juga menyediakan jasa pembawa barang dan juga meminjamkan alat-alat menyerupai tenda, alat masak, dan lain-lain sehingga anda hanya perlu tiba dengan barang-barang langsung kemudian berangkat menikmati pesona Gunung Rinjani.

Biasanya untuk sanggup mencapai puncak, pendaki akan membutuhkan waktu 2 malam untuk pendaki profesional, dan 3 malam untuk pendaki pemula. Oleh alasannya yakni itu anda harus bersiap membawa bekal yang cukup dan peralatan yang memadai untuk menaklukan tantangan ini.

Apabila anda mengambil paket tur, tentu saja bahwasanya sudah lengkap peralatan yang perlu dibawa, namun anda tetap harus membawa barang-barang berikut ini alasannya yakni kemungkinan tidak disediakan oleh pihak tur:

SunblockJas hujanTopiPakaian hangatSenterTisuTeropongPakaian cadanganKameraPeralatan mandiPeralatan ibadahSepatu dan sandal yang berpengaruh dan nyamanKacamata hitamKaos kaki tebalSarung tanganMakanan dan minuman ekstraObat nyeri ototObat pribadi

Apabila anda yakni seorang yang memiliki penyakit pernafasan, penyakit jantung, darah tinggi, epilepsi, atau penyakit berbahaya lainnya, maka anda tidak dianjurkan mendaki Gunung Rinjani.

Untuk menikmati salah satu tempat wisata di Lombok yang paling terkenal ini, bahwasanya tidak dibutuhkan alat-alat yang bermacam-macam. Yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan Gunung Rinjani yakni kesabaran, semangat, dan stamina.